Senin, 26 Juli 2010

Workshop guru profesional di SDIT Adzkia Sukabumi

Di Sukabumi, bulan Mei lalu saya datang dan bersilaturahmi dengan guru-guru di SDIT Adzkia Sukabumi. Saya berbagi dengan guru-guru yang bersemangat dalam memberikan yang terbaik untuk siswa. Terbukti dengan lancarnya acara dan antusiasnya mereka ketika workshop sehari berlangsung.

Tema yang dibahas adalah mengenai menjadi guru yang professional dan tantangan abad 21 ke depannya sesuai dengan pilihan kita sebagai individu sebagai guru.

Saya mencoba mengingatkan diri saya sendiri dan guru yang hadir mengenai pentingnya keluar dari rutinitas dalam keseharian kita sebagai guru . Caranya adalah dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut ini setelah kita mengajar siswa di kelas.

1. Apakah saya dapat menjelaskan komponen utama dari pelajaran?
2. Apakah saya mengerti bagaimana pelajaran yang saya sampaikan tadi berhubungan dengan unit / sebelumnya dan unit berikutnya?
3. Di manakah posisi pembelajaran tadi dalam kurikulum?
4. Apa saja strategi pembelajaran digunakan?
5. Apakah saya menggunakan praktek-praktek terbaik dalam mengajar dan menyampaikan hal yang manjadi target standar kurikulum?
6. Apakah saya membangun dan mengembangkan konten, produk atau proses dari pelajaran sebelumnya?
7. Bagaimana pelajaran ini menjadi batu loncatan untuk pelajaran berikutnya?
8. Bagaimana aku bisa menyesuaikan pendekatan instruksional untuk pelajaran lain?
9. Mungkinkah pelajaran ini dimodifikasi untuk siswa yang berbeda?
10. Apa latar belakang pengetahuan dan keterampilan yang saya asumsikan membawa siswa untuk pelajaran?
11. Apakah saya menggunakan strategi pengajaran yang tepat untuk tugas ini?
12. Apakah saya melihat pola dalam cara saya mendekati pelajaran – seperti berjalan mondar-mandir di kelas, sampai melakukan pengelompokan terhadap siswa?
13. Apakah saya melihat pola dalam gaya mengajar saya – misalnya cara komentar setelah setiap jawaban siswa?
14. Apa hasil pendekatan yang saya digunakan – apakah itu efektif, atau mungkin ada langkah lain yang lebih efektif?

Workshop yang berlangsung sehari benar-benar merupakan hal yang baru untuk saya, karena dari banyak guru yang hadir saya pun juga belajar. Belajar untuk bisa menjadi guru yang terbaik bagi siswa dan mempersiapkan mereka agar bisa menjadi orang yang lebih baik dari generasi kita sekarang.

Acara ditutup di sore hari dan saya pun melanjutkan perjalanan saya kembali ke Jakarta. Untuk segenap manajemen dan leadership dan Pak Dede Dzikri yang telah berkenan mengundang saya datang saya ucapkan terima kasih. Doa saya agar SDIT Adzkia bisa terus menjadi market leader dalam dunia pendidikan di Sukabumi.

Sumber :gurukreatif.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites