Senin, 04 April 2011

Ayo, Ajak Anak Rajin Merawat Gigi!

Ajarkan anak menjaga kebersihan gigi dan mulut sejak dini untuk menjaga kesehatannya di kemudian hari. Memiliki gigi sehat saat juga membantunya tidak takut ke dokter gigi.

Membiasakan anak menjaga kebersihan gigi dan mulut sejak dini akan membantunya menjaga kesehatan gigi dan mulut di kemudian hari. Memiliki gigi sehat saat juga membantu buah hati tidak menganggap kunjungan ke dokter gigi sebagai sesuatu yang menyeramkan.

Berikut ini trik untuk mengajari anak cara menjaga kebersihan gigi dan mulutnya, seperti yang dikutip laman eHow.

1. Perlihatkan anak bagaimana cara Anda menjaga kebersihan gigi mulut. Biarkan dia melihat saat Anda menggosok gigi, maka dia akan melihat hal tersebut adalah bagian dari kehidupan yang alami.

2. Ajak anak menggosok gigi sejak dini, supaya dia dapat lebih terbiasa melakukannya sedari kecil.

3. Jelaskan bagaimana caranya menyikat gigi dan menggunakan dental floss (benang gigi) untuk menghilangkan sisa makanan di sela-sela gigi. Ajari dia dengan sabar. Lihat seluruh proses saat dia mencoba melakukannya sendiri.

4. Jadikan waktu menggosok gigi adalah waktu yang menyenangkan. Permainan memenangkan sebuah sesi ataupun membacakan cerita usai menggosok gigi dengan benar, misalnya, akan membuat dia menilai bahwa menggosok gigi adalah hal yang positif.

5. Biarkan dia sendiri yang memilih produk gigi dan mulut_sikat gigi dan pasta gigi-yang dia senangi. Tidak masalah apa yang dia pilih, mungkin dia senang sikat gigi itu karena warna dan bentuknya, tapi keseluruhan tujuannya adalah membuat dia rajin menggosok gigi.

6. Jelaskan akibat buruknya jika dia tidak rajin menggosok gigi sebelum tidur. Terangkan bagaimana proses gigi berlubang, dan pentingnya menggosok gigi.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites